Powered By Blogger

Kamis, 06 Oktober 2011

Cara Menjaga Ingatan Otak


1. Sarapan dengan karbohidrat
     Mulailah hari anda dengan sarapan yang bergizi dan mengandung karbohidrat. Karena sel-sel otak membutuhkan karbohidrat yang akan diubah tubuh menjadi glukosa untuk energi. Pilihlah biji-bijian dan karbohidrat yang lain yang dapat dicerna perlahan sehingga cukup menyediakan glukosa bagi tubuh.
2. Berolahraga ringan sebelum melakukan kegiatan
    Latihan ringan seperti berjaln menuju kantor atau menari sebelum bekerja. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah , membawa oksigeen yang sangat dibutuhkan dan glukosa sebagai bahan bakar ke tubuh. Orang bahkan bisa belajar kosa kata 20 persen lebih banyak jika dilakukan setelah berlatih.
3. "Browsiang" di internet
     Sebuah penelitian mengungkapkan, sedikitnya satu jam sehari dihabiskan untuk berselancar di dunia maya dapat merangsang bagian dari lobus frontal yang mengontrol memory jangka pendek.
4. Gerakan mata
    Berlatih gerakan mata sederhana dapat meningkatkan daya ingat jangka panjangsebesar 10 persen dan membantu mengingat bagian penting dari informasi. ketika parkir kendaraan atau keluar dari angkuta umum, cobalah memperhatika situasi di sekitar  dengan menggerakkan mata dari satu sisi ke sisi yang lain selama 30 detik.
5. Menyikat gigi sebelum tidur
    Kebersihan gigi tak hanya sekedar mempengaruhi keindahan senyum tetapi juga penting untuk daya ingat. Jika gigi tidak dibersihkan maka gisi bisa meradang sehingga memudahkan bakteri jahat untuk memasuki aliran darah. Kemudian bakteri ini bisa menyebabkan radang di seluruh tubuh termasuk otak yan menyebabkan kerusakan kongnitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar